Rabu, 11 Agustus 2010

PTK


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI MELALUI FACEBOOK PADA SISWA KELAS X.2 SMAN 1 BENGKULU

ABSTRAK

Rikardo, Riki. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Metode Diskusi melalui Facebook pada Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, dengan Pembimbing Utama Dr. Agus Trianto, M. Pd. Dan Pembimbing Pendamping Arono, M. Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode diskusi melalui facebook dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan satu cara yaitu analisis kualitatif untuk kualitas proses pembelajaran, prestasi belajar siswa, dan daya serap klasikal. Metode diskusi melalui facebook dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 73,75, daya serap siswa 73,75%, ketuntasan belajar 29,79% pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 80,08, daya serap siswa 80,08% dan ketuntasan belajar 91,89%. Selain itu, metode diskusi melalui facebook juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa terlihat pada kegiatan belajar di kelas (group Argumentasi X.2). Siswa menjadi termotivasi, dapat berinteraksi secara berkelompok dan mandiri (online), serta mampu membuat siswa secara mandiri menemukan evidensi untuk memperkuat gagasan paragraf argumentasinya. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan metode diskusi melalui facebook pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dan penerapan metode diskusi melalui facebook pada keterampilan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam berdiskusi dan berinteraksi pada grup Argumentasi X.2.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Petramaxxxxx :D

Ukeeeeeeeh...Selamat Brother
heeeemmm...Kapan kan saya menyusul :'(

Do'akan :)

Salam

RIKI RIKARDO mengatakan...

.
Take it easy my sista..
saat2 paling mendewasakan tuh
kalo kt bs melewati masa2 sulit..
So, nikmati sajjah.. Tuhan psti beri jalan Kok :D